Pos Gabungan Tanggap Bencana. Kenapa Harus Bergabung ?

Pos Gabungan Tanggap Bencana Lonsong Sumedang

(studi kasus)

Pos ini awal mulanya memang didirikan  oleh tim Tarbiyah Sunnah Peduli. Setelah assessment atau survei pandangan mata oleh tim, maka akan lebih baik bila dibuat pos gabungan. Pun setelah berkomunikasi dengan teman-teman yang sudah bergerak lebih awal semisal Mufland Humanity Care dan Prabu Airsoft. Lebih mantap lagi, setelah tim TSP berkonsultasi dengan Ustadz Abu Umar Indra selaku ketua Yayasan Tarbiyah Sunnah maka Pos Gabungan adalah pilihan terbaik saat ini.

Kenapa Pos Gabungan ?

Pertama, jumlah crew Tarbiyah Sunnah Peduli tidak banyak, hanya 3 orang saja yang siap terjun di lapangan dalam durasi yang lama. Kedua, jumlah dana terkumpul akan lebih banyak bila banyak yang terlibat bersama. Ketiga, banyak lembaga yang mengumpulkan dana tapi tidak memiliki crew untuk terjun di lapangan. Keempat, kebalikan dari yang sebelumnya, punya cukup crew atau relawan dan atau peralatan, tapi tidak terkumpul dana yang cukup untuk membantu korban bencana alam. Pos gabungan solusinya.

Pos Gabungan : Lebih Banyak Lebih Baik ?

Jumlah personil lebih banyak dan jumlah dana lebih besar itu yang nyata di Pos Gabungan. Harapannya lebih banyak yang terbantu, lebih tepat sasaran, bantuan lebih berkualitas dan lebih lama bisa membantu. Tantangannya tentu banyak juga, mulai dari banyaknya pandangan, banyak juga biaya operasional harian dan boleh jadi lebih banyak masalah di lapangan. Contoh masalah kecil : Saat penyaluran bantuan, lazim terjadi dokumentasi menggunakan spanduk salah satu lembaga luput tak terabaikan. 

Terpajang Bukan Berarti Terbanyak Kontribusi

Total 9 lembaga yang terpasang di spanduk pos gabungan, setelah 3 hari pos gabungan berdiri dan jadi batas terakhir logo lembaga masuk ke pos gabungan untuk dicetak di spanduk dan akan muncul di sebagian besar dokumentasi bantuan. Tapi pada kenyataannya lebih dari 9 lembaga yang berkontribusi dalam giat tanggap bencana longsor dan banjir di Desa Cihanjuang, Kec. Cimanggung, Kab. Sumedang. Pembatasan 9 lembaga hanya untuk membatasi kapan waktu terakhir spanduk dicetak dengan logo lembaga-lembaga dalam pos gabungan. Tidak essensial bila tiap ada yang bergabung ganti spanduk, bahkan bisa masuk mubadzir anggaran.

9 Lembaga

 

Tarbiyah Sunnah Peduli

Prabu Airsoft

Ma’had Daar Al Shuffah Cilembu

Mufland Humanity Care

Jejak Sahabat Care

Kampung Santri Cilembu

Keluarga Besar Ponpes Al Islam Cileunyi

Yayasan Fajar Sunnah

Clarity Airsoft Cileungsi

Lembaga-Lembaga Lainnya

 

Rodja Peduli

Ma’had Sabilunnajah

Sedekah Kreatif

Gazwah Peduli

KH-B

Mutiara Sunnah Sumedang

Cilembu Care

Kajian Tauhid Beji (KTB)

Dekap

I-Deru

PULDAPII

DPD Kombatpol Jawa Barat

DPC Kombatpol Subang

dan lain-lain

SEMUA PENTING di POS GABUNGAN

Terima Kasih, Hatur Nuhun

Jazakumullahu Khairan

Para Ustadz, Relawan, Donatur, Teman-Teman media dan semua yang berperan dalam program tanggap bencana longor dan banjir Sumedang 2021 dalam Pos Gabungan ini.

X
Open chat